Sabtu, 23 Juli 2011

Contoh Laporan PKL (BAB I)


BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Dalam era globalisasi ini banyak masalah yang timbul diberbagai kalangan, dan semua masalah muncul karena perbedaan pendapat antara manusia satu dengan manusia lainnya. Dari sekian banyak masalah yang sering dihadapi oleh setiap masyarakat  adalah  sulitnya  mencari  lahan  pekerjaan.
Kita sebagai manusia yang memiliki visi dan wawasan kedepan hendaknya tidak melupakan akan perkembangan teknologi yang mempunyai arti penting dalam suatu pekerjaan, karena hal tersebut menuntut kita untuk mengikuti perkembangan zaman agar tidak ketingggalan dengan informasi yang ada. Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan sangat pesat serta dukungan dari media informasi yang sedemikian rupa sehingga mengakibatkan perubahan pola hidup di berbagai kalangan masyarakat.
Dewasa ini kebutuhan untuk memperoleh informasi sangat menungkat dan semua ini dikarenakan oleh persaingan manusia atau kelompok / instansi  yang sangat ketat demi kemajuan  usahanya, sehingga hal ini berdampak terhadap beban setiap siswa karena mereka dituntut untuk mpampu menggali informasi dari berbagai sumber.
Banyak sumber informasi yang perlu kita ketahui di era globalisasi seperti ini, seperti : Internet, Media Cetak, dan Elektronik ( seperti Televisi, Koran, dsb), namun dari sekian banyak informasi, yang paling penting untuk kita ikuti perkembangannya adalh informasi dari layanan data melalui internet.
Apa yang dimaksud dengan internet ? Internet berasal dari kata Interconnection Network artinya hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, satelit, dan lainnya. Layanan jasa internet merupakan sumber informasi yang akurat dan efisien bagi semua orang, karena informasi melalui internetmemiliki kelebihan dalam hal pengaksesan informasi yang sangat cepat dan akurat, namun terlepas dari hal sebagai mana disebutkan diatas layanan jasa internetpun memiliki kekurangan, yaitu kemungkinan terjadinya penyalahgunaan dalam pengambilan informasi yang dapat merusak moral manusia, karena sebagaimana kita ketahui dari layanan internet dimaksud setiap orang dapat mengambil dan menyebarkan informasi dengan data secara ekstrim / negative.
Pengelola / Provider layanan jasa internet milik bangsa Indonesia adalah     PT. Telkom yang merupakan satu-satunya pengelola yang hasil usahanya digunakan untuk kemakmuran Negara, sementara pengelola lain seperti (PT. Indosat, PT. EXELComindo, SMART, dll), adalah pengelola layanan jasa internet milik asing.
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang telekomunikasi yaitu PT. Telkom bertanggung jawab dalam penyediaan sarana dan prasarana telekomunikasi seperti, Jaringa Telepon Rumah, Jaringan Internet Speedy, yang keduanya sangat  dibutuhkan  oleh  masyarakat, sehingga dalam  hal  ini PT. Telkom lebih serius dalam melayani permintaan masyarakat dengan selalu  meningkatkan kualitas layanannya.
Setiap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), baik Teknik maupun non Teknik diwajibkan untuk memberangkatkan siswa dan siswi mereka untuk melaksanakan Kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Kegiatan praktek ini dilakukan diberbagai Prusahaan / Instansi milik Negara maupun Swasta, guna untuk melatih keterampilan dan mental seseorang dilapangan.
Kegiatan praktek ini sangat menguntungkan siswa dan siswi karena dapat menambah pengetahuan khususnya dalam bidang teknologi, pengalaman serta keprofesionalan dalam melakukan suatu bidang pekerjaan. Di samping itu, kegiatan praktek ini sangat berpengaruh terhadap nilai kelulusan siswa-siswi di sekolah.
Karena merupakan kenyataan bahwa pendidikan khususnya Pendidikan Sekolah Kejuruan non Teknik belum sepenuhnya menyiapkan tenaga terampil yang siap kerjasama secara mahir atau propesional, mungkin dengan kegiatan PSG  ini dapat membantu siswa dan  siswi lebih terampil dalam dunia usaha.



1.2  Tujuan Pendidikan Sistem Ganda
1.2.1        Tujuan Umum dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG) meliputi :
1.      menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesioanl, yaitu     tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan dan etos     kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.
2.      Memperkokoh Link  and Macth antara sekolah dengan dunia usaha.
3.      Meningkatkan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja   berkualitas professional.
4.      Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan

1.2.2        Tujuan Khusus dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG) meliputi :
1.      Mengetahui seberapa jauh siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Abdi Karya  (SMK YADIKA)  menyerap teori-teori yang telah  diberikan  di sekolah.
2.      Aplikasi teori ke dalam dunia kerja atau dunia usaha
3.      Perwujudan kerjasama antara Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Abdi Karya (SMK YADIKA) dengan dunia usaha sekaligus Pelaksanaan  program kerja Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Abdi Karya  (SMK  YADIKA).




1.3  Sistem Pembuatan Laporan
Adapun beberapa tujuan dalam pembuatan laporan ini yaitu sebagai berikut:          
  1. Sebagai bukti melaksanakan Praktek Kerja Industri pada Kantor / Instansi khsusunya di PT.TELKOM IS Area Lampung.
  2. Sebagai laporan dari hasil Praktek Kerja Industri yang telah dilaksanakan secara tertulis.
  3. Sebagai pedoman untuk pembuatan karya tulis selanjutnya.
  4. Mengumpulkan data, guna kepentingan sekolah dan khususnya penulis sendiri dan juga untuk menunjang peningkatan pengetahuan siswa tingkat selanjutnya.













1.4 Sistematika / Kerangka Laporan

HALAMAN PENGESAHAN
PRAKATA
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR / TABEL
BAB I PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang
1.2        Tujuan Pendidikan Sistem Ganda
1.2.1        Tujuan Umum dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
1.2.2        Tujuan Khusus dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
1.3        Sistem Pembuatan Laporan
1.4        Sistematika / Kerangka Laporan
BAB II  LAPORAN  KEGIATAN  PENDIDIKAN  SISTEM  GANDA
2.1    Sejarah singkat tempat Pendidikan Sistem Ganda
2.2    Visi dan Misi Perusahaan
2.3    Struktur organisasi instansi / perusahaan tempat praktik
2.3.1   Diagram Struktur Organisasi PT. TELKOM
2.3.2   Diagram Korporasi PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
2.4    Uraian teknis kerja
2.4.1   Perawatan Komputer
2.4.2   Merestore PC Dengan Norton Ghost
2.4.3   Menginstalasi Windows XP
2.5     Pemeliharaan lingkungan  tempat  kerja
BAB III PENUTUP
3.1      Kesimpulan
3.2      Saran-saran

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

0 komentar:

Posting Komentar