Sabtu, 23 Juli 2011

CONTOH LAPORAN PKL BAB III (Penutup)


BAB III
PENUTUP

3.1 KESIMPULAN
Setelah penulis melaksanakan praktek kerja / Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di PT. Telkom IS Area Lampung selama 3 bulan dan membuat laporan ini, maka dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:
a)      PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, yang selanjutnya disebut TELKOM merupakan perusahaan pengelola layanan jasa informasi dan telekomunikasi serta sebagai perusahaan penyedia jasa yang melayani jasa telekomunikasi dalam bentuk jaringan telekomunikasi secara lengkap (full service and network provider) yang terbesar di Indonesia. Jenis layanan yang diberikannya adalah layanan jasa telepon kabel (wireline) berupa Telepon Rumah Telkom (TRT) dan layanan jasa telekomunikasi tanpa kabel (wireless), dan sebagai penyedia layanan jasa internet serta jasa multimedia lainnya baik secara langsung maupun melalui perusahaan asosiasi, dan produk data dimaksud adalah layanan jasa internet yaitu Telkom Instan FLEXI dan SPEEDY.
b)      PT. Telkom IS Area Lampung telah melaksanakan kegiatan operasionalnya sesuai dengan SOP (Standart Operational Prosedur).
c)      PT. Telkom senantiasa melayani segala keluhan pelanggan dengan sebaik-baiknya dan memberikan layanan terbaiknya kepada seluruh pengguna jasa telekomunikasi sesuai tolak ukur.
d)      PT. Telkom telah menetapkan semua sistem operasional kerja secara online melalui internet, sehingga dapat mempermudah dan mempercepat pelaksanaan setiap pekerjaan.
e)      PT. Telkom menggunakan teknologi informasi dalam menunjang kegiatan operasionalnya sehingga mempercepat dan menjamin keakuratan data.
f)        Seluruh karyawan PT. Telkom dituntun untuk bekerja dan menjadi pegawai profesional dengan menunjukan dedikasi kerja sesuai job description yang telah ditetapkan perusahaan.
g)      PT. Telkom senantiasa menangani keluhan pelanggan secepat dan seakurat mungkin guna memuaskan para pengguna jasa telekomunikasi.

3.2 Saran-saran
Pada kesempatan ini, ijinkanlah penulis untuk memberikan beberapa saran kepada pihak Instanti dan pihak sekolah yang sekiranya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guna kemajuan dimasa yang akan datang

Saran untuk pihak Instansi  (PT. Telkom IS Area Lampung):
a)      Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda ini akan lenih terarah apabila disusun melalui suatu jadwal yang harus dikerjakan siswa / siswi selama melaksanakan Praktek Kerja.
b)      Pihak Instansi diharapkan dapat menyediakan seorang instruktur khusus yang pada hari-hari tertentu agar dapat memberikan pelajaran teori yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilaksanakan oleh siswa / siswi sehingga dapat dimengerti dan memahami pekerjaan yang dilaksanakan.
c)      Pihak Instansi agar dapat lebih banyak memberikan pekerjaan yang bermanfaat bagi siswa / siswi, agar jam kerja diisi dengan penuh tanpa ada waktu kosong yang terbuang percuma.
d)      Pihak Instansi agar dapat mempertahankan rasa tanggung jawab dalam menjalankan setiap pekerjaan yang dibebankan.
e)      Berikan dan tingkatkan pelayanan yang terbaik demi kepuasan pelanggan.
f)        PT. Telkom IS Area Lampung agar mampu untuk terus meningkatkan segala hal yang bertujuan untuk lebih mengembangkan segala usaha dalam mencapai target yang telah ditetapkan perusahaan.

Saran untuk pihak Sekolah (SMK Yadika):
a)      Pihak Sekolah ( Lembaga pendidikan ) diharapkan dapat memantau kegiatan siswa yang sedang melaksanakan PSG secara intensif sehingga segala kesulitan yang timbul dapat dipecahkan bersama.
b)      Utamakan rasa tanggung jawab dalam memonitoring siswa PSG.
c)      Pembimbing ynag ditunjuk sekolah diharapkan untuk lebih mengoptimalkan profesionalismenya demi kelancaran kegiatan PSG.
d)      Setiap pembimbing yang ditunjuk sekolah sebaiknya dibekali pengetahuan yang memadai mengenai usaha yang dikelola Instansi yang akan ditempati siswa / siswi sehingga dapat memberikan pengetahuan secara umum mengenai instansi perusahaan yang ditempatinya




KATA PENUTUP
Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas segala rahmat yang telah diberikan oleh ALLAH SWT, bahwa penulis telah mendapat dukungan dari berbagai pihak dalam menyelesaikan laporan ini dengan baik tanpa mengalami hambatan berarti.

Keberhasilan pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini dangat dibutuhkan oleh para siswa / siswi agar bisa mengikuti salah satu syarat untuk menempuh UAS/UAN, sehingga dengan dibuatnya laporan PSG ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi kelancaran pelaksanaan Praktek Kerja, terutama pada tahap awal kerja berkaitan dengan paket keahlian yang ada di Dunia Usaha / Dunia Industri.

Dengan dibuatnya laporan ini minimal diharapkan juga ada kesamaan Visi antara pihak sekolah dengan dunia usaha sebagai industri pasangan.

Penulis mengharapkan agar semua penjelasan didalam laporan yang telah tersusun dengan rapih sesuai dengan tujuan siswa / siswi ini. Penuis telah berusaha dapat mudah dimengerti serta dipahami bagi para pembacanya.

Saran serta kritik membangun demi perbaikan penulisan laporan ini dan penulis nantikan agar dalam penyusunan laporan selanjutnya dapat tersajikan dengan lebih baik dan lebih sempurna lagi.

Penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu dan membimbing dalam menyelesaikan laporan ini, serta besar harapan penulis agar laporan yang telah penulis susun dapat bermanfaat bagi semua pihak, Amin.























LAMPIRAN 


















                              
















DAFTAR PUSTAKA

Darkia, Santoso, Drs. Budia Harjo, Kesekretarisan dan Etika, Depdikbud, Proyek Penggandaan Buku Sekolah Menengah Kejuruan, Jakarta 1990.

http://www.telkom.co.id



1 komentar: